Bolehkah Menggunakan Masker Kain Saat Berolahraga? Ini Penjelasannya

Masker kain memang wajib untuk dikenakan ketika hendak bepergian atau beraktivitas di luar rumah. Saat ini banyak tempat yang mewajibkan penggunaan masker. Jika Anda tidak menggunakannya, Anda tidak boleh masuk ke tempat tersebut. Karena itulah, banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk jual masker kain.

Pemakaian masker kain menjadi hal yang lumrah dan wajib saat ini. Namun, ada sedikit perdebatan terkait penggunaan masker saat berolahraga. Ada  yang mengatakan boleh, ada juga pendapat yang mengatakan tidak boleh. Lalu, mana yang benar?

Pemakaian Masker Saat Berolahraga

New normal membuat semua kegiatan kembali seperti semula meskipun tidak 100%. PSBB sudah dilonggarkan. Anda sudah kembali berangkat ke kantor. Beberapa tempat wisata dibuka. Begitu juga dengan beberapa tempat umum seperti gelanggan olahraga. Kembali normalnya berbagai aktivitas tentu disambut baik oleh masyarakat. tidak terkecuali masyarakat yang suka berolahraga.

Salah satu himbauan dalam beraktivitas di era new normal ini adalah selalu mematuhi protokol kesehatan, mulai dari cuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, dan menggunakan masker. Dua himbauan pertama tidak ada perdebatan. Namun yang terakhir ada dua pendapat yang berbeda.

Tidak boleh memakai masker saat olahraga

Pendapat yang pertama adalah Anda tidak boleh memakai masker saat berolahraga. Hal ini dikarenakan aktivitas olahraga membutuhkan oksigen yang banyak sedangkan pemakaian masker menghalangi Anda untuk mendapatkan oksigen sebanyak-banyaknya. Terlebih lagi untuk Anda yang suka berolahraga berat, seperti lari.

Lagipula, masker Anda akan basah selama berolahraga. Ini membuat masker menjadi tidak efektif dalam menangkal virus. Lalu, untuk apa digunakan jika tidak efektif? Meskipun banyak yang jual masker kain di sekitar Anda atau Anda membawa banyak masker kain cadangan, Anda disarankan untuk tidak mengenakan masker saat olahraga. Sebagai gantinya, lakukan olahraga di tempat yang sepi sehingga Anda tidak perlu memakai masker.

Boleh memakai masker saat olahraga

Pendapat yang kedua adalah pemakaian masker kain tetap wajib saat Anda berolahraga. Terutama untuk Anda yang berolahraga di tempat umum dan bersama-sama dengan banyak orang.

Meskipun Anda sudah menjaga jarak dan mencuci tangan, Anda masih perlu mengenakan masker kain sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Kita tidak pernah tahu orang yang kita temui di jalan selama olahraga membawa virus corona atau tidak.

Sebagai konsekuensi atas pemakaian masker ini, Anda disarankan untuk mengurangi intensitas olahraga, misalnya dari lari menjadi jalan cepat atau jogging biasa. Ini dilakukan demi mencegah hal yang tidak diinginkan misalnya sesak napas atau keracunan karbon dioksida.

Jadi, bagaimana kesimpulannya? Anda boleh mengenakan masker saat olahraga dengan catatan intensitas olahraga Anda dikurangi. Jika Anda masih melakukan olahraga berat, sebaiknya tidak menggunakan masker dan lakukan di tempat yang tidak banyak orang.

Demikian pembahasan mengenai pemakaian masker kain saat berolahraga. Selalu ikuti protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemi ini demi menjaga diri dari tertular virus corona. jangan lupa untuk membeli beberapa masker sekaligus dari tempat jual masker kain sebagai persediaan.