4 Kelebihan Jual Barang Online dengan Sistem Dropship


Online shop atau berjualan secara online menjadi salah satu profesi yang paling banyak dipilih saat ini. Selain praktis dan mudah, jual barang online bisa menjangkau lebih banyak orang daripada membuka toko offline. Modal yang dibutuhkan untuk berjualan online pun jauh lebih terjangkau daripada harus membuka toko fisik. Tidak salah jika banyak orang yang memilih berjualan online, baik sebagai pekerjaan sampingan maupun sebagai sumber penghasilan utama.

Ada beberapa istilah dalam dunia online shop, salah satunya yaitu dropship. Anda mungkin cukup sering mendengar istilah ini. Namun sebenarnya, apa itu dropship? Dropship merupakan salah satu metode penjualan produk ketika penjual memenuhi pesanan barang melalui supplier.

Dalam dropship, ada tiga pihak yang terlibat, yaitu pembeli, penjual, dan supplier. Penjual yang menggunakan sistem dropship tidak memiliki barang yang dijualnya. Ketika ada pesanan dari pembeli, penjual akan meminta kepada supplier untuk mengirimkan barang kepada pembeli tersebut. Mulai dari pengelolaan barang hingga pengiriman barang kepada pembeli, semua dilakukan oleh supplier. Bisa dikatakan, penjual hanya bertindak sebagai agen penjualan saja.

Jualan Online dengan Sistem Dropship

Sistem dropship ini banyak dipilih oleh orang-orang yang ingin membuka online shop. Hal ini tidak terlepas dari kelebihan jual barang online dengan sistem dropship, yaitu :

1.     Tidak harus punya modal

Yang pertama, Anda tidak harus memiliki modal. Anda bisa mulai membuka toko online dengan modal nol rupiah hanya dengan mengAndalkan sistem dropship. Ketika ada pesanan dari pembeli, uang yang dibayarkan oleh pembeli bisa Anda teruskan kepada supplier agar pesanan Anda diproses. Jadi, alasan modal yang minim tidak lagi menjadi halangan Anda untuk memulai usaha.

2.     Tidak ada stok barang yang perlu dikelola

Yang kedua, Anda tidak perlu repot-repot mengelola stok barang. Anda tidak perlu repot melakukan inventaris barang yang masih ada atau yang sudah hampir habis. Dengan demikian, Anda bisa punya banyak waktu untuk pemasaran produk.

Saat jual barang online, tentu ada barang yang cepat laku dan ada barang yang kurang laku. Ketika Anda memiliki stok barang sendiri, Anda harus memikirkan cara agar barang tersebut bisa cepat habis sehingga bisa digantikan dengan stok yang baru.

3.     Hemat waktu dan tenaga

Kelebihan yang ketiga adalah Anda lebih hemat waktu dan tenaga. Tidak ada stok barang yang perlu dikelola. Anda pun tidak disibukkan dengan proses packing dan pengiriman barang. Semua itu sudah dilakukan oleh pihak supplier. Anda hanya perlu menerima pembayaran dari pembeli. Kemudian meneruskan uang tersebut kepada supplier Anda.

Karena sebagian besar proses sudah dilakukan oleh pihak supplier, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengurus strategi pemasaran atau menjalin hubungan baik dengan konsumen. Sistem ini juga sangat cocok diterapkan oleh Anda yang ingin memiliki pekerjaan sampingan yang tidak terlalu menyita waktu.

4.     Tidak perlu menyiapkan tempat penyimpanan

Kelebihan lainnya yang dimiliki sistem dropship adalah Anda tidak perlu memiliki dan menyiapkan tempat penyimpanan stok barang. Alasannya simpel, karena Anda tidak memiliki stok barang yang perlu disimpan. Biarkan supplier yang memiliki tempat penyimpanan barang dan mengelola barang tersebut.

Nah, itulah 4 kelebihan jual barang online dengan menggunakan sistem dropship. Dibandingkan dengan sistem reseller, sistem dropship ini memang jauh lebih praktis, hemat waktu, tenaga, dan tentu saja modal. Cocok untuk Anda yang ingin menjadikan online shop sebagai pekerjaan sampingan atau untuk Anda yang ingin memulai usaha namun terkendala dengan modal yang pas-pasan.